Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Reseller Ardhosting
Berita

UEFA Terapkan Format Baru pada Kompetisi musim 2024/2025

94
×

UEFA Terapkan Format Baru pada Kompetisi musim 2024/2025

Share this article
Example 468x60

Musim 2024/2025 akan menjadi untuk pertama kalinya kompetisi klub-klub Eropa menggunakan format baru, baik itu UEFA Champions League, Europa League dan juga Conference League, penggunaan format baru ini telah disetujui UEFA pada 19 April 2021.

Kehadiran format baru kompetisi klub-klub Eropa ini adalah salah satu alasan kenapa kompetisi sepak bola Eropa merupakan salah satu olahraga paling sukses dan populer di dunia. UEFA tidak pernah diam dan selalu mengembangkan dan mengadaptasi kompetisi mereka untuk mengimbangi perubahan yang lebih luas dalam permainan.

“UEFA dengan jelas menunjukkan bahwa kami berkomitmen penuh untuk menghormati nilai-nilai fundamental olahraga dan mempertahankan prinsip utama kompetisi terbuka, dengan kualifikasi berdasarkan prestasi olahraga, sepenuhnya sejalan dengan nilai-nilai dan model olahraga Eropa yang berbasis solidaritas,” kata Presiden UEFA Aleksander Ceferin.

“Saya sangat senang bahwa ini adalah keputusan bulat dari Komite Eksekutif UEFA, dengan Asosiasi Klub Eropa, Liga Eropa, dan asosiasi nasional semuanya menyetujui proposal yang dibuat. Bukti lain bahwa sepak bola Eropa lebih bersatu dari sebelumnya.” tambahnya.

Bagaimana Perubahan Format pada UEFA Champions League 2024/2025?

Perubahan yang paling penting pada format baru UEFA Champions League adalah tidak lagi ada babak penyisihan group, jika sebelumnya babak penyisihan group yang diisi dengan 32 tim dibagi ke dalam delapan group, format baru akan meniadakan hal tersebut dan menggantinya dengan Champions League phase.

UEFA juga telah menambahkan kuota tim yang akan berpartisipasi sebanyak empat tim, dengan demikian akan ada 36 tim yang berpartisipasi pada Champions League phase. Ke-36 klub tersebut akan berpartisipasi dalam satu kompetisi liga di mana ke-36 klub yang bersaing diberi peringkat bersama.

Dalam format baru, tim akan memainkan delapan pertandingan di fase liga baru, tidak lagi menghadapi tiga lawan sebanyak dua kali (kandang/tandang), namun sebaliknya akan menghadapi pertandingan melawan delapan tim berbeda, memainkan setengah dari pertandingan tersebut di kandang dan setengahnya lagi di tandang.

Untuk menentukan delapan lawan yang berbeda, tim-tim awalnya akan diperingkat dalam empat pot unggulan. Setiap tim kemudian akan diundi untuk memainkan dua lawan dari masing-masing pot ini, memainkan satu pertandingan melawan tim dari setiap pot di kandang, dan satu pertandingan tandang.

Bagaimana Knockout Phase pada Format baru UEFA Champions League 2024/2025?

Jika sebelumnya akan ada tim UEFA Champions League yang akan terlempar ke UEFA Europa League, pada format baru hal tersebut tidak lagi terjadi.

Pada Tabel kompetisi Champions League phase yang nantinya diisi sebanyak 36 tim, peringkat 1-8 akan otomatis lolos ke babagi 16 besar, sementara itu peringkat 9-24 akan menjalani Play-off knockout untuk lanjut ke babak 16 besar, dan peringkat 25-36 akan otomatis tersingkir.

Pada fase knockout, tim yang finis antara peringkat 9 dan 16 akan diunggulkan dalam undian play-off knockout, yang berarti mereka akan menghadapi tim yang berada di peringkat 17 hingga 24 – dengan, pada prinsipnya, leg kedua akan digelar di kandang sendiri.

Delapan klub yang berhasil lolos ke babak play-off knockout kemudian akan melaju ke babak 16 besar, di mana mereka masing-masing akan menghadapi salah satu dari delapan tim yang finis di posisi teratas, yang akan diunggulkan di babak 16 besar.

Dari babak 16 besar dan seterusnya, kompetisi akan terus mengikuti format babak sistem gugur yang ada.

Untuk musim 2024/2025 UEFA telah menetapkan Allianz Arena di Munich, Jerman sebagai tempat pelaksaan pertandingan final.

BACA JUGA :
Musim 2024/2025 LaLiga dimulai 18 Agustus 2024
Premier League Rilis Jadwal musim 2024/2025, Kick Off 17 Agustus 2024

Example 300250

Response (1)

Leave a Reply