Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Reseller Ardhosting
Berita

Catatan Rekor Pemain Tertua pada EURO

148
×

Catatan Rekor Pemain Tertua pada EURO

Share this article
Example 468x60

Putaran final babak group Matchday I EURO 2024 telah selesai, dan akan memasuki matchday II, sederetan rekor yang dicapai pada kejuaraan negara benua biru tersebutpun mengalami pergantian, berikut catatan rekor pemain tertua yang berubah setelah matchday I EURO 2024 yang dirangkum tim diberitaliga.com

Pemain Tertua

Bek Portugal PEPE menetapkan tolak ukur baru sebagai pemain tertua yang pernah tampil di putaran final UEFA EURO. PEPE memasuki lapangan pada usia 41 tahun 113 hari disaat Portugal menghadapi Ceko dalam laga babak group F. Diusianya tersebut PEPE masih mampu bermain penuh sepanjang 90 menit.

PEPE memecahkan rekor sebagai pemain tertua pada putaran final yang dipegang oleh penjaga gawang Hungaria Gábor Király, yang memasuki lapangan di usia 40 tahun 86 hari saat menghadapi Belgia di babak 16 besar di tahun 2016.

Namun jika yang dihitung hanya pemain outfield, sebelum Pepe pemain tertua di putaran final adalah Lothar Matthäus, yang mencatatkan caps ke-150 sekaligus terakhirnya untuk Jerman pada usia 39 tahun 91 hari di tahun 2000.

Pemain Tertua Pencetak Gol

Ivica Vastic masih memegang rekor sebagai pemain tertua yang mencetak gol pada putaran final setelah mantan pemain Sturm Graz dan Austria Wien tersebut mencatatkan namanya sebagai pencetak gol tertua saat berusia 38 tahun 257 hari dalam laga babak group Austria vs Polandia di Euro 2008.

Masuk sebagai pemain pengganti pada 26 menit sisa pertandingan saat Austria tertinggal 1-0 dari Polandia, Gol yang diciptakan Vastic dari titik putih tersebut berhasil menyelamatkan Austria dari kekalahan dan pertandingan berakhir seri dengan skor 1-1.

Catatan rekor yang telah dipegang Vastic dalam kurun waktu 12 tahun tersebut bisa saja berubah pada edisi kali ini, apabila Cristiano Ronaldo ataupun Pepe akan mencatatkan namanya pada papan skor.

Pemain Tertua di Final

Jens Lehmann sampai saat ini masih tercatat sebagai pemain tertua sebagai finalis pada putaran final Euro. Lehmann berusia 38 tahun 232 hari saat menjadi bagian dari tim Jerman pada laga final Euro 2008 kala menghadapi Spanyol yang menjadikan sebagai finalis tertua pada kejuaraan tersebut.

Rekor ini dapat saja berubah, bila Portugal pada EURO 2024 berhasil mencapai Final dan PEPE yang juga telah mencatatkan namanya sebagai pemain tertua akan kembali bermain pada laga tersebut.

Pemain Tertua Yang Mencetak Gol di Final

Bek Italia Leonardo Bonucci sampai saat ini masih tercatat sebagai Pemain Tertua yang mencetak gol pada laga final kejuaraan negara benua tersebut. Bonucci mencatatkan namanya pada catatan rekor tersebut di usia 34 Tahun 71 hari dalam laga final EURO 2020 menghadapi Inggris yang berakhir dengan skor 1-1 dan Italia memenangkan titel yang kedua kalinya.

BACA JUGA :
Deretan Talenta Yang Hilang pada Euro 2024
Adam Lallana kembali ke Southampton

Example 300250