Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Reseller Ardhosting
Euro 2024

Semifinal EURO 2024: Fakta dan Statistik Belanda vs Inggris

236
×

Semifinal EURO 2024: Fakta dan Statistik Belanda vs Inggris

Share this article
Example 468x60

Belanda dan Inggris sama-sama mengincar untuk mencapai final Kejuaraan Piala Eropa kedua mereka saat mereka bertemu di BVB Stadion Dortmund pada semifinal UEFA EURO 2024, Kamis (11/07/2024) malam dini hari wib.

Saat Inggris berusaha untuk mencapai final kedua mereka secara berturut-turut, Belanda hanya memenangkan satu dari empat laga semifinal terakhir yang mereka mainkan di kejuaraan Piala Eropa yakni ditahun 1988 saat mereka berhasil mengklaim titel juara. Terakhir kali Belanda melaju ke semifinasl Piala Eropa terjadi di tahun 2004.

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi saat laga Semifinal UEFA Nations League 6 Juni 2019 di Estadio D. Afonso Henriques di kota Guimaraes, Portugal, yang dimenangkan Belanda dengan skor 3-1. Inggris unggul lebih dulu berkat penalti Marcus Rashford pada menit ke-32, kemudian Matthijs de Ligt menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dengan 17 menit tersisa dari waktu normal. Pertandingan kemudian dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu, Belanda kemudian unggul lewat gol bunuh diri Kyle Walker di menit 97 dan gol ketiga dari pemain pengganti Quincy Promes pada menit ke-114.

Kedelapan pertemuan sebelum pertandingan tersebut antara kedua tim merupakan pertandingan persahabatan, kemenangan Inggris 1-0 di Amsterdam pada Maret 2018 – dengan Koeman dan Southgate kembali bertugas – diraih dengan gol Jesse Lingard yang mengakhiri tujuh pertandingan tanpa kemenangan melawan Belanda (S4 K3).

Statistis Pertemuan Belanda dan Inggris

Rangkaian tanpa kemenangan itu dimulai sejak Matchday 3 EURO ’96, ketika tim Inggris termasuk Southgate menang 4-1 atas Belanda berkat dua gol masing-masing dari Alan Shearer (23, 57) dan Teddy Sheringham (51, 62). Gol hiburan Patrick Kluivert 12 menit menjelang akhir pertandingan memastikan Belanda bergabung dengan juara Grup A Inggris untuk melaju ke perempat final.

Perjalanan Belanda dan Inggris Menuju Semifinal EURO 2024

Di babak penyisihan group Inggris berakhir di puncak Grup C dengan lima poin, mengalahkan Serbia 1-0 sebelum bermain imbang dengan Denmark (1-1) dan Slovenia (0-0). Sementara Belanda meraih empat poin dari dua pertandingan pertama Grup D, melawan Polandia (2-1) dan Prancis (0-0), dan turun ke posisi ketiga setelah kalah 3-2 melawan Austria di pertandingan terakhir mereka. Belanda lolos ke babak sistem gugur melalui posisi ketiga terbaik pada babak penyisihan group.

Di Pertandingan babak 16 besar Inggris harus berjuang keras untuk mengalahkan Slovakia di Gelsenkirchen. Tertinggal terlebih dahulu lewat gol Ivan Schranz di menit ke-25, Inggris kemudian menyamakan kedudukan pada menit ke-95 lewat gol saltu Jude Bellingham yang kemudian memaksakan pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu. Gol tambahan dimasa perpanjangan waktu didapatkan Inggris lewat sundulan Harry Kane.

Sebaliknya, Belanda menang telak atas Rumania 3-0 di Munich, dua gol Donyell Malen di akhir pertandingan menambah keunggulan atas gol Cody Gakpo di babak pertama.

Di laga perempat final kedua tim sama-sama mengalami hal yang sulit, Belanda harus bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan Turki 2-1 di Berlin.

Inggris membutuhkan gol penyeimbang Bukayo Saka di akhir pertandingan untuk mendapatkan hasil imbang 1-1 melawan Swiss di Düsseldorf yang kemudian pertandingan berlanjut ke babak pertambahan waktu yang berakhir tanpa adanya tambahan gol. Inggris kemudian memenangkan adu penalti atas Swiss dengan skor 5-3.

Fakta Belanda pada Kejuaraan Piala Eropa

Euro 2024 merupakan penampilan yang ke-11 kalinya bagi Belanda pada kejuaraan Piala Eropa, penampilan paling terkenal mereka terjadi pada tahun 1988 ketika gol dari Ruud Gullit dan Van Basten membuat tim yang dilatih oleh Michels menang 2-0 di final melawan Uni Soviet di Munich.

Dari 10 edisi terakhir Piala Eropa ini adalah penampilan ke-9 bagi Belanda, dan mereka telah absen satu kali yakni pada Euro 2016.

Semifinal EURO 2024 merupakan semifinal untuk keenam kalinya bagi Belanda, namun mereka hanya memenangkan satu pertandingan semifinal mereka yakni tahun 1988.

Melawan Italia yang bermain dengan sepuluh orang di semifinal tahun 2000 di Amsterdam, tuan rumah Belanda gagal mengeksekusi dua penalti di waktu normal dan tiga penalti lagi dalam adu penalti sehingga tersingkir dan Belanda hanya memenangkan satu dari empat penampilan pada babak adu penalti di kejuaran Piala Eropa.

4-5 v Denmark, Semifinal EURO 92
4-5 v France, Perempat final EURO 96
1-3 v Italy, Semifinal EURO 2000
5-4 v Sweden, Perempat final EURO 2004

Fakta Inggris pada Kejuaraan Piala Eropa

EURO 2024 merupakan penampilan Inggris yang kesembilan kalinya dari sepuluh edisi terakhir, mereka telah absen pada Euro 2008.

Semifinal Euro 2024 akan menjadi penampilan keempat kalinya bagi mereka setelah terakhir kali terjadi pada Euro 2020 dan berhasil melaju ke Final menghadapi Italia. Dimana mereka kalah melalui babak adu penalti.

EURO 2020 dapat dikatakan sebagai penampilan terbaik Inggris sampai sejauh ini, dimana mereka sebagai finalis untuk pertama kalinya.

Keluar sebagai juara grup di Grup D di atas Kroasia, Republik Ceko, dan Skotlandia kemudian Inggris mengalahkan Jerman (2-0) di babak 16 besar, selanjutnya mengalahkan Ukraina (4-0) di babak perempat final dan mengantarkan mereka ke semifinal untuk menghadapi Denmark yang mereka menangkan lewat babak perpanjang waktu dengan skor 2-1 sekaligus membawa mereka ke final untuk pertama kalinya.

Example 300250