Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Reseller Ardhosting
Euro 2024

EURO 2024 : Kalahkan Italia, Swiss ke Perempatfinal

86
×

EURO 2024 : Kalahkan Italia, Swiss ke Perempatfinal

Share this article
Example 468x60

Swiss melaju ke perempatfinal Euro 2024 setelah mengalahkan Italia dengan skor 2-0 pada pertandingan babak 16 besar yang berlangsung di Olimpiastadion, Berlin pada Sabtu (29/04/2024) malam wib. Kekalahan ini sekaligus memupus harapan Italia untuk mempertahankan gelar mereka.

Swiss tampil dengan sangat meyakinkan sebagai tim yang telah mempersiapkan diri dengan baik saat menghadapi juara bertahan Italia, dua gol yang masing-masing diciptakan Remo Freuler pada menit ke-37 dan gol dari Ruben Vargas diawal babak kedua, telah membawa tim mereka melaju ke perempatfinal Euro untuk kedua kalinya secara berturut-turut.

The Azzurri menerima ganjaran hasil dari penampilan buruk yang mereka tunjukkan saat menghadapi Swiss dan harus tersingkir di babak 16 besar Euro 2024. Italia kalah kelas hampir sepanjang pertandingan dan hanya memiliki peluang dimenit-menit akhir pertandingan.

Anak asuh Luciano Spalletti tersebut terlalu lambat dalam pergerakan menghadapi Swiss yang begitu kuat secara fisik dan teknis dihampir sepanjang pertandingan.

Jalannya pertandingan

Swiss dengan baik pertandingan diawal-awal pertandingan dimulai, Swiss langsung menghadirkan percobaan pertama mereka dimenit ke-12 melalui Dan Ndoye yang menerima umpan silang di kotak penalti, namun sepakannya masih terlalu melebar.

Peluang emas kembali didapatkan Swiss melalui Breel Embolo pada menit ke-24, terlepas dari jebakan offside dan menerima umpan yang akurat, Embolo melepaskan tendangan yang menjanjikan ke tengah gawang namun Donnarumma masih mampu menepisnya.

Dominasi Swiss sepanjang pertandingan babak pertama akhirnya membuahkan hasil saat pertandingan telah berlangsung selama 37 menit. Remoe Freuler yang sigap melihat situasi pertahanan lawan masuk merangsek ke tengah dan menerima sodoran umpan yang terukur dari Ruben Vargas, dengan mengontrol bola keatas, Freuler lalu menendang bola dengan keras dan Gol, meski Mancini sempat mencoba menghalaunya dan mengenai kaki Donnarumma.

Unggul satu gol tak membuat Swiss puas. Hampir saja gol kedua tercipta andai Donnarumma tak tampil heroik untuk menepis tendangan bebas Fabian Rieder di menit ke-45. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Swiss langsung memimpin 2-0 di menit ke-46. Vargas menerima umpan mendatar Michel Aebischer dengan leluasa di kotak penalti Italia lalu melepaskan tembakan melengkung ke sudut kanan gawang tanpa bisa dihalau Donnarumma.

Italia berupaya memberi perlawanan, namun kesulitan menembus pertahanan Swiss. Peluang terbaik hadir lewat Gianluca Scamacca pada menit ke-74, namun tembakannya membentur tiang gawang. Semenit sebelumnya, percobaan jarak jauh Mateo Retegui mampu diamankan Yann Sommer. Skor 2-0 bertahan hingga pertandingan usai.

Fakta lainnya pada pertandingan Swiss vs Italia
– Tujuh Gol Swiss di EURO 2024 hingga babak 16 besar diciptakan oleh tujuh orang berbeda
– Remo Freuler sebagai pemain Swiss pencetak gol tertua di Euro dalam usia 32 tahun 75 hari.
– Swiss belum pernah menang dalam 11 Pertandingan sebelumnya (D5 L6), terakhir kali Swiss
mengalahkan Italia pada kualifikai Piala Dunia 1993 dengan skor 1-0.
– Italia gagal lolos ke perempat final EURO untuk pertama kalinya sejak 2004

Example 300250

Leave a Reply