Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Reseller Ardhosting
Euro 2024

EURO 2024 Round of 16 : Swiss vs Italia

95
×

EURO 2024 Round of 16 : Swiss vs Italia

Share this article
Example 468x60

Babak 16 besar Euro 2024 akan diawali dengan pertemuan Swiss vs Italia, pada Sabtu (29/06/2024) Malam WIB yang berlasung di Olimpiastadion, Berlin. Di babak penyisihan grup kedua tim berakhir di urutan kedua masing-masing grup.

Swiss belum terkalahkan di Euro 2024, setelah meraih kemenangan 3-1 atas Hungaria di pertandingan pertama mereke di babak penyisihan grup, selanjutnya mereka bermain seri 1-1 saat menghadapi Skontladia. Menghadapi tuan rumah Jerman di pertandingan terakhir, keunggulan Swiss dibatalkan gol telat dari Fullkurg dan memaksa pertandingan berakhir seri 1-1.

Berpredikat sebagai juara bertahan, Italia mengawali kampanye dikompetisi ini dengan kemenangan 3-1 atas Albania, namun mereka harus menelan kekalahan pada pertandingan kedua saat bertemu Spanyol, awalnya Italia terlihat akan berakhir di urutan ketiga grup, namun mereka berhasil memaksakan pertandingan dengan Kroasia di pertandingan terakhir berakhir seri 1-1 lewat gol Mattia Zaccagni di menit ke-98.

Pertemuan Swiss vs Italia telah terjadi sebanyak 61 kali pertemuan dengan catatan Italia menang 29 kali, Seri 24 kali dan 8 pertandingan dimenangkan Swiss. The Azzurri belum terkalahkan selama hampir 31 tahun dalam pertemuan kedua tim.

Pada putaran final Euro 2020 Swiss dan Italia bertemu pada babak penyisihan grup yang berakhir dengan kemenangan bagi Italia dengan skor 3-0.

Ulasan Tim Swiss

Lolosnya Swiss ke babak 16 besar tentu bukanlah sebuah kejutan, mengingat pada dua edisi terakhir mereka di kejuaraan ini selalu lolos dari babak penyisihan grup. Pada Euro 2016 mereka lolos ke babak 16 besar dan langkah mereka dihentikan oleh Polandia lewat adu penalti dan di Euro 2020 langkah Swiss terhenti di babak perempat final setelah mengalami kekalahan dari Spanyol lewat adu penalti.

Menjadi catatan tersendiri, Swiss hanya memenangkan satu pertandingan dari lima pertandingan yang mereka jalani jika berakhir pada babak adu penalti, terjadi babak 16 besar Euro 2020 saat menghadapi Prancis.

Catatan pertandingan Swiss yang berakhir pada babak adu penalti :
0-3 v Ukraine, 2006 World Cup round of 16 (Kalah)
4-5 v Poland, EURO 2016 round of 16 (Kalah)
5-6 v England, 2019 Nations League third-place play-off (Kalah)
5-4 v France, EURO 2020 round of 16 (Menang)
1-3 v Spain, EURO 2020 quarter-final (Kalah)

Fabian Rieder, gelandang Swiss kepada EURO2024.com mengatakan Italia merupakan tim top yang berisi dengan banyak pemain top, dan pada kenyataannya mereka tidak dapat menghindar. Namun menurut Rieder mereka tidak perlu gentar ketakutan karena Swiss juga diisi dengan beberapa pemain berpengalaman.

Beberapa pemain Swiss telah mencapai prestasinya di klub pada musim lalu, Granit Xhaka [Juara Bundesliga bersama Leverkusen], Yan Sommer [Juara Serie A bersama Intermilan], Manuel Akanji [Juara Premier League bersama Manchester City].

Selain beberapa pemain yang berhasil menjuarai liga bersama klub, Swiss juga memiliki beberapa pemain yang bermain di Italia, sehingga mereka cukup kental dengan permainan sepakbola Italia, ini adalah modal dasar yang akan mereka gunakan nantinya.

Ulasan Tim Italia

Italia telah menjuarai Euro sebanyak dua kali, yakni pada tahun 1968 dan juga pada tahun 2020. Memegang predikat sebagai juara bertahan pada kejuaraan ini tentu menjadi satu tantangan besar bagi Italia untuk mempertahankan gelarnya. Mengingat hanya ada satu tim yang pernah berhasil melakukannya yakni Spanyol yang kembali juara pada Euro 2012 setelah menjuarainya di Euro 2008. Apakah Italia mampu melakukannya di Euro 2024?

Italia telah diragukan pada kejuaraan ini, akibat dari kegagalan mereka untuk lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar dimana terjadi untuk kedua kalinya secara berturut-turut.

Italia akan kehilangan Riccardo Calafiori pada babak 16 besar dikarenakan mendapatkan akumulasi kartu kuning, menyebabkan pemain Bologna tersebut harus absen pada pertandingan menghadapi Swiss. Namun Spaletti telah mempersiapkan Gianluca Mancini untuk mengisi posisi Calafiori.

Gianluca Mancini menyebutkan jika pertandingan ini akan menjadi permainan tingkat tinggi, dan juga menambahkan jika permainan ini nantinya akan sangat terbuka dikarenakan beberapa pemain yang saling mengenal satu sama lain sebab beberap pemain Swiss bermain di Liga Serie A.

Sementara itu Striker Italia El Shaarawy pada konfrensi pers menyampaikan, jika tidak ada tim yang senang saat bertemu dengan Italia, dikarenakan sejarahnya. “Kami adalah juara bertahan, dan tidak mudah bermain melawan kami”, ucapnya.

Prediksi Skor Swiss vs Italia

Baik Swiss maupun Italia tentu mempunyai ambisi untuk lolos ke babak perempat final Euro 2024, mental juara akan berbicara pada pertandingan ini, Italia telah membuktikan jika mereka bukanlah tim yang pantang menyerah. Pertandingan ini akan berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Italia.

Example 300250

Leave a Reply