Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Reseller Ardhosting
Euro 2024

Spanyol Melaju Ke Semifinal EURO 2024

62
×

Spanyol Melaju Ke Semifinal EURO 2024

Share this article
Example 468x60

Gol telat Mikel Merino membawa kemenangan 2-1 bagi Spanyol pada pertandingan perempatfinal Euro 2024 menghadapi tuan rumah Jerman, dan membawa La Roja melaju ke semifinal, menjadikan mereka selangkah lebih dekat untuk menjuarai kejuaraan Eropa untuk keempat kalinya.

Pertemuan Spanyol vs Jerman pada babak perempatfinal Euro 2024 dianggap sebagai laga final yang kepagian, ini adalah laga yang paling dinanti, merupakan putaran ulang laga final 16 tahun silam, dimana La Roja keluar sebagai pemenangnya di tahun 2008.

Pertandingan baru berjalan dalam 60 detik, Spanyol telah mengancam gawang Jerman lewat Pedri dengan tembakan mendatar dari sisi kotak penalti dan masih diselamatkan Manuel Nuer.

Spanyol terus menekan lewat Nico Williams, Lamine Yamal dan Fabian Ruiz namun upaya dari jarak jauh mereka masih gagal untuk mencapai target, sementara upaya Kai Havertz melalui sundulan jarak dekatnya masih belum mampu mengalahkan Unai Simon.

Di babak pertama Spanyol jauh lebih unggul dari Jerman yang bermain di depan publiknya sendiri, upaya dari Yamal dan pemain pengganti Dani Olmo yang selalu berhasil diselamatkan Manuel Nuer, menandai pertandingan berakhir tanpa gol di 45 menit pertama.

Setelah turun minum, anak asuhan Luis de la Fuente terus tampil dengan mengesankan, Alvaro Morata seharusnya dapat membawa keunggulan bagi Spanyol namun tendangannya dari jarak dekat masih melambung jauh diatas mistar gawang.

Kebuntuan itu akhirnya pecah pada menit ke-52, saat Yamal berhasil mengecoh pemain Jerman dan kemudian memberikan umpan bola rendah kearah Olmo, yang dapat diselaikan dengan baik dengan mengarahkan penyelesaian rendah ke sudut bawah dari posisi tengah. Spanyol unggul 1-0.

Tertinggal 1-0, Jerman berbalik mendominasi permainan. Havertz seharusnya dapat menyamakan kedudukan namun tendangan lobnya yang menyambut bola lepas dari tendangan gawang Simon masih melewati mistar gawang.

Sesaat Spanyol berpikir mereka akan mengakhiri pertandingan dengan kemenangan, Florian Wirtz dengan gemilang melepaskan tembakan ke sudut jauh dan menyamakan kedudukan pada menit ke-89 menjadi 1-1 dan memaksakan pertandingan harus berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Memasuki babak perpanjangan waktu tidak mengherankan jika intensitas pertandingan semakin meningkatkan, percobaan Mikel Oyarzabal masih melebar tipis untuk Spanyol dan percobaan Wirtz masih belum tepat sasaran.

Setelah jeda babak pertama perpanjangan waktu, Jerman kemudian dibingungkan atas keputusan Wasit Anthony Taylor yang tidak menghadiahi penalti bagi mereka setelah handball Marc Cucurella di kotak penalti, dan pemeriksaan VAR menyebutkan hal tersebut tidak menjadi sebuah pelanggaran, sementara Niclas Fullkrug kurang beruntung dengan sundulan yang berhasil ditepis Simon ke tiang gawang.

Ketika pertandingan diperkirakan akan berakhir ke babak adu penalti, 90 detik dalam waktu tambahan sisa Olmo kemudian memberikan umpan ke tengah kotak penalti yang disambut pemain pengganti Mikel Merino dan menaklukkan Nuer untuk membawa keunggulan 2-1 bagi Spanyol. Meskipun masih terdapat beberapa peluang tersisa, namun Jerman tidak lagi dapat menyamakan kedudukan.

Kemenangan ini membawa Spanyol untuk keempat kalinya ke semifinal dalam lima kejuaraan terakhir mereka dan menjadi Jerman menjadi tuan rumah pertama yang tersingkir pada babak perempatfinal kejuaraan eropa.

Di Semifinal Euro 2024, Spanyol akan menghadapi pemenang pertandingan antara Portugal vs Prancis.

Example 300250