Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Reseller Ardhosting
Euro 2024

EURO 2024, Georgia sebagai Tim Debutan

252
×

EURO 2024, Georgia sebagai Tim Debutan

Share this article
Example 468x60

EURO 2024 yang akan berlangsung di Jerman pada 14 Juni – 14 Juli mendatang, akan menjadi debut bagi Tim Nasional Georgia untuk pada kompetisi negara-negara benua Eropa tersebut. Georgia lolos ke babak Final Euro 2024 setelah mengalahkan Luxemburg dan Yunani di babak Play-off .

Dari 24 tim yang lolos ke babak final Euro 2024, 19 diantaranya adalah peserta pada edisi sebelumnya termasuk juara bertahan Italia dan runner-up Inggris. Prancis yang keluar sebagai runner-up Piala Dunia 2022 juga lolos bersama Kroasia peraih medali perunggu di kompetisi yang sama.

Portugal menjadi satu-satunya tim yang lolos ke babak final dengan meraih nilai sempurna pada babak kualifikasi, sementara Prancis, Inggris, Belgia, Hongaria, dan Rumania juga lolos tanpa kekalahan.

Serbia dan Slovenia kembali untuk pertama kalinya sejak EURO 2000, dengan Serbia untuk pertama kalinya lolos sejak Serbia Montenegro menjadi negara yang terpisah. Dan Slovenia lolos untuk keempat kalinya dalam kompetisi besar mereka sebagai negara yang merdeka.

Georgia yang lolos untuk pertama kalinya pada kompetisi ini, menjadikan catatan tersendiri dalam kompetisi EURO yang selalu menghadirkan tim debutan di setiap edisinya sejak tahun 1960.

Swedia, Rusia dan Wales akan absen pada edisi Euro 2024 kali ini, dengan Swedia untuk pertama kalinya gagal mencapai babak final sejak EURO 1996 dan menjadi kegagalan lolos berutur-turut pada dua turnamen besar mereka, setelah mereka gagal lolos ke Piala Dunia 2022.

Rusia sampai saat ini masih dijatuhi sanksi dalam keikutsertaan mereka pada kompetisi Eropa akibat dari invasi militer yang mereka lakukan ke Ukraina. Yang merupakan pertama kalinya tim nasional dilarang mengikuti kompetisi tersebut sejak FR Yugoslavia pada tahun 1992.

Wales yang berhasil mencapai babak knockout pada dua edisi sebelumnya termasuk sebagai semifinalis Euro 2016, gagal lolos untuk edisi kali ini setelah di babak Play-Off dikalahkan Polandia.

Sementara itu Makedonia Utara dan Finlandia yang menjadi debutan pada edisi sebelumnya, gagal lolos untuk kali ini.

Example 300250